Jumat, 07 November 2014

5 Fakta Tersembunyi dari Yogyakarta


1. Kota dengan banyak sebutan
Bagaimana menyebut Yogyakarta dengan benar, apakah Yogya, Jogja, atau Yogyakarta? Faktanya ada banyak ejaan untuk menyebut kota ini: Jogja , Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, atau Ngayogyakarta Hadiningrat. Jadi buat temen-temen yang bingung ama sebutannya, boleh nyebut apa aja kok intinya satu, Ini Daerah Istimewa Yogyakarta.
2. Indonesia Kecil
Dengan ratusan Universitas berdiri di Yogyakarta, dan sebagian merupakan yang terbaik di Indonesia, membuat Yogyakarta tempat terbaik untuk menimba ilmu. Seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Institut Seni Indonesia, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional, dll.  Tak terbatas mahasiswa dari Pulau Jawa saja, namun juga semua daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua bergabung menjadi satu di Yogyakarta. Mahasiswa dengan suku dan latar belakang yang berbeda tinggal rukun bersama warga lokal dan menjadikan Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia.
3. Merapi, Kraton, dan Pantai Selatan
Gunung Merapi, Kraton, dan Pantai Selatan adalah beberapa destinasi favorit Yogyakarta. Ribuan wisatawan mengunjunginya tiap tahun. Tapi tahukah Anda kalau kalau ketiga destinasi tersebut terletak segaris? Ketiganya saling terhubung jika kamu menarik satu garis imajiner dari utara ke selatan Yogyakarta. Beberapa orang percaya bahwa ada kekuatan mistis besar dalam koneksi ketiganya tersebut.
4. Kerajaan
Pernahkah bertanya-tanya kenapa Yogyakarta berstatus “daerah istimewa”? Ini karena Yogyakarta adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang masih menerapkan sistem pemerintahan kerajaan. Sultan Yogyakarta otomatis menjadi gubernur tanpa dipilih oleh rakyat melalui pilkada.
5. "Destination to Go" Versi New York Times
Fakta terakhir ini pasti membuat kalian makin bangga dengan Indonesia. New York Times, harian terbesar dan termashyur di Amerika Serikat memasukkan Yogyakarta sebagai destinasi yang harus dikunjungi pada 2014 ini. Bersamaan dengan destinasi popular lain seperti Cape Town di Afrika selatan dan Christchurch di Selandia Baru. Wah kebayang Yogyakarta disejajarkan dengan Cape Town yang terdapat Pelabuhan Harapannya dan Selandia Baru, Kurang keren apa coba ??

Sekian dari saya... Tetap ber-Yogya ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar